Cara Memilih Monitor Yang Bagus Untuk Web Design

Bekerja dengan monitor memang menyenangkan, terutama bagi web designer yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan monitor. Monitor yang bagus dan baik akan membuat kita bersemangat dalam mengerjakan sebuah proyek, namun sebaliknya jika monitor yang kita gunakan tidak sesuai bisa jadi mengacaukan segalanya.

Tapi bagaimana cara memilih monitor yang benar? pertama tentukan dulu, anda memilih Laptop atau desktop. Karena ada beberapa tips dalam memilih dan mencari monitor yang sempurna untuk mengerjakan sebuah proyek desain web.

Desktop atau Laptop


Anda harus menentukan, anda seorang laptop designer atau desktop designer, ini adalah sesesuatu yang penting. Jika jawabannya laptop, ada banyak faktor spesifikasi yang harus anda pikirkan. Semua elemen web akan berdampak pada penggunaan dan pekerjaan anda pada monitor laptop. Faktor tersebut antara lain :
  • Battery life
  • Connectivity
  • Keyboard size
  • Mouse vs. pen vs. touch controls
  • Portability
  • Screen size (laptop size)

Seberapa Besar Monitor?


Sudah bisa ditebak, para desainer pasti akan memilih ukuran monitor yang besar. Namun seberapa besar ukuran monitor sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kebanyakan desainer memilih monitor dengan ukuran 24 inch sampai 27 inch atau bahkan lebih besar, karena menampilkan area yang besar.

Pertimbangkan Resolusi


Resolusi atau jumlah piksel monitor sangatlah penting, Semakin besar resolusinya maka akan semakin baik pula dalam memantau setiap detail. Beberapa monitor menwarkan resolusi yang lebih baik dari TV HD, Resolusi diukur dalam horisontal ( lebar ) piksel dengan piksel vertikal (tinggi ). Resolusi yang paling populer saat ini adalah ukuran 1.366px x 768px.

Pilih Sebuah Panel


Kebanyakan monitor tidak sama jenisnya, ada empat kategori berdasarkan harga dan kinerjanya.
  • Twisted nematic panels (TN): Ini adalah monitor yang paling umum dan paling mahal. Monitor ini cepat dan memiliki refresh rate yang cepat tetapi tidak akurat ketika untuk render warna dan dapat memiliki beberapa distorsi.
  • Vertical alignment panels (VA): Ini adalah salah satu jenis monitor yang paling sulit untuk ditemukam. jauh lebih baik dari segi harga dan memiliki rendering warna yang lebih baik dari model TN.
  • In-plane switching panels (IPS): Jika warna adalah hal utama, ini adalah monitor untuk Anda. Akurasi sangat bagus meskipun model ini memiliki refresh rate lebih lambat (terutama untuk gamer). Ini adalah pilihan yang cukup mahal.
  • Plane-line switching panels (PLS): Model ini mirip monitor IPS, dengan kalibrasi lebih baik dan juga fiturnya.

Pertimbangkan Warna


Warna dan koreksi warna adalah dua elemen yang sangat berarti bagi desainer untuk memilih monitor yang tepat. Anda pasti ingin memastikan monitor Anda pilih memiliki koreksi warna dan kemampuan kalibrasi.

Pikirkan Tentang Workspace Anda


Selain monitor, Anda harus berpikir tentang di mana Anda menempatkannya sebelum Anda melakukan pembelian. Ada beberapa pertanyaan kunci yang harus anda tanyakan pada diri sendiri untuk membantu menemukan model yang tepat.
  • Apakah akan cocok di ruang kerja saya atau di meja saya ?
  • Apa jenis berdiri diperlukan ? Apakah perlu untuk putar ?
  • Apakah ada lampu atau jendela yang akan menyebabkan silau ?
  • Apakah akan terhubung ke peralatan saya saat ini ?

Lihat Fitur Spesial


Fitur khusus yang paling penting bagi desainer harus mencakup kalibrasi warna yang akurat. 

Sesuaikan Anggaran

Anda harus berpikir tentang anggaran . Bila Anda mencari monitor komputer yang sempurna untuk proyek-proyek desain web, dapat mudah untuk ingin segalanya. Tapi Anda harus realistis. Berapa banyak uang yang bisa Anda benar-benar menghabiskan ?

Kesimpulan

Pikirkan tentang bagaimana Anda bekerja dan apa fitur yang Anda tidak bisa hidup tanpa bahkan sebelum Anda melihat model pertama . Menetapkan anggaran dan menaatinya .

No comments:

Post a Comment